Senin, 10 April 2017

perbedaan akuansi umum dengan syariah

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam makalah ini membahas tentang judul Perbedaan Akuntansi Umum dan Akuntansi Perbankan yang manaakanmembahas beberapa keterkaitan denganjudul makalah kani, diantaranya: Pengertian Akuntansi, Proses Akuntansi, Pengertian Bank, Akuntansi Bank.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian akuntansi?
2.      Apa pengertian bank?
3.      Sebutkan proses-proses dalam akuntansi?
















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Akuntansi
Akuntansi merupakan seni dalam mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan semua transaksi-transaksi yang terkait dengan keuangan yang telah terjadi dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang.[1]
Secara sederhana akuntansidapat diartikan sebagai seni dalam melakukan pencatatan, penggolongan, dan pengikhktisaran, yang mana pada akhirnya tercipta sebuah informasi seluruh aktivitas keuangan perusahaan. Tujuan akuntansi dalam laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yang manfaat  untuk pengambilan keputusan para pemakai. Dengan demikian, maka pencatatan akuntansi harus dilakuakan secara cepat dan akurat sehingga informasi yang disajikan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi para pengguna. [2]

B.     Proses Akuntansi
Proses akuntansi merupakan urutan aktivitas yang dimulai dari tejadinya suatu transaksi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan sampai terbentuknya laporan keuangan. Diantaranya proses dalam akuntansi ialah:[3]
1.      Bukti transaksi dokumen
Dokumen atau bukti transaksi merupakan dasar yang digunakan untuk pencatatan akuntansi. Dokumen transaksi dapat berupakuitansi pembayaran, faktur pembelian, faktur penjualan, bukti transfer, dan dokumen lainnyayang dapat diterima.

2.      Jurnal
Jurnal merupakan aktivitas pertama yang dilakukan dalam mencatat setiap transaksi keuangan.
3.      Buku besar
Buku besarmerupakan sarana yang digunakan untuk menampung semua transaksi yang telah dikelompokkan sesuai dengan transaksi yang sejenis.
4.      Neraca lajur
Neraca lajur menggambarkan informasi atas semua transaksi yang terjadi pada priode tertentu.
5.      Jurnal penyesuaian
Jurnal penyuesuaian diperlukan untuk menyesuaikan trabsaksi-transaksi yang salah dalam pemcatatan atau yang belum dicatat.
6.      Neraca lajur setelah disesuaikan
Neraca lajur yang telah disesuaikan merupakan sarana untuk menyusun laporan keuangan.
7.      Laporan keuangan
Dalam laporan keuangan terdiri dari: neraca, laporan laba rugi,laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan.

C.     Pengertian Bank
Peran bank sangat besar daam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Semua sector usaha baik sector usaha baik sector industry, perdagangan, pertanian, perkebunan, jasa, perumahan, dan lainnya sangat membutuhkan bang sebagai mitra dalam mengembangkanusahanya.[4]

Bank merupakan lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah:[5]
1.      Peghimpun dana
Bankmenghimpun dana dari masyarakat dalam bentuksimpanan. Masyarakat mempercayai bank sebagai tempat yang aman untuk menyimpan uang. Bank akan membayar sejumlah tertentu atas penghimpunan dana masyarakat yang besarnya tergantung pada jenis simpanan. Jenis simpanan masyarakat antara lain: simpanan giro, tabungan, dan deposito.
2.      Penyaluran dana
Penyaliran dana yang dilakukan oleh bank sebagian besar dalam bentuk kredit atau pinjaman.
3.      pelayanan jasa
pelayanan jasa bank dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu jasa bank dalam negri adalah merupakan jenis pelayanan jasa yang diberikan olehbank terkait dengan transaksi antar bank dalam negri. Sedangkan jenis jasa bang luar negri adalah jenis pelayanan jasa yang diberikan oleh bank terkait dengan transaksi dengan bank koresponden.

D.    Akuntansi Bank
Akuntansi bank merupakan seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran atas seluruh transaksi yang terjadi di dalambank. Tansaksi yang dicatat oleh bag meliputitransaksi keuangan maupun transaksi lain yang akan mengakibatkan adanya peristiwa keuangan yang akan terjadi di masa yang akan datang.[6]



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dalam kesimpilan makalah ini adalah Akuntansi merupakan seni dalam mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan semua transaksi-transaksi yang terkait dengan keuangan yang telah terjadi dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang.
Bank merupakan lembaga keuangan yang fungsi utamanya menghimpun dana, menyalurkan dana, dan pelayanan jasa.
Proses-proses  akuntansi  adalah bukti transaksi dokumen, jurnal, buku besar, neraca lajur, jurnalpenyesuaian, nelaca lajur setelah penyesuaian, laporan keuangan.


[1] Ismail, Akuntansi Bank, (Surabaya: Prenadamedia Grup, 2014), Hlm. 2
[2] Ibid.,
[3] Indra Bastian Dan Suhardjono, Akuntansi Perbankan, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), Hlm. 5
[4] Ibid., Hlm. 6
[5] Ibid., Hlm. 6-7
[6] Taswan, Akuntansi Perbankan Transaksi Dalam Valuta Rupiah, (Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005), Hlm. 10

1 komentar:

  1. Slot Machines - MapyRO
    Find 삼척 출장샵 Slot Machines in Las Vegas (NV). Find reviews, compare customer ratings, see screenshots, and learn more 삼척 출장샵 about Slot 전라남도 출장안마 Machines in 태백 출장마사지 Las Vegas. Rating: 3.9 · 전라남도 출장샵 ‎3,936 votes

    BalasHapus

CONTOH MAKALAH IKAN LELE

TUGAS MANDIRI KEWIRAUSAHAAN IKAN LELE Dosen Pengampu: Ambariyani, S.E, M.E.Sy Disusun oleh:     ABI WISNU BAIDIL...