Minggu, 04 Juni 2017

CONTOH MAKALAH IKAN LELE



TUGAS MANDIRI KEWIRAUSAHAAN

IKAN LELE

Dosen Pengampu: Ambariyani, S.E, M.E.Sy



Disusun oleh:
   
ABI WISNU BAIDILAH           


Materi Kuliah : Kewirausahaan
Fakultas : Syari’ah
Prodi : Perbankan Syarri’ah (Pbs)


INSTITUT AGAMA ISLAM MA’ARIF NU (IAIM NU) METRO LAMPUNG Tahun 2016
KLASIFIKASI USAHA

A.    Usaha
Dalam kegiatan sehari-hari di samping kuliah saya belajar untuk membuat usaha disektor perikanan yakni ikan lele. Usaha ikan lele tidak terlalu sulit dan tidak dapat dianggap semudah yang saya pikirkan, namun pembudidayaannya ikan lele sangat mudah. Bagiku usaha apapun pasti memiliki keuntungan dan kerugian yang mungkin timbul. Dalam hal ini saya harus mengerkan usaha saya dengan sungguh-sunggu.

B.     Pemasaran
Ketika ikan lele sudah siap panen saya memiliki agen-agen yang sudah menjadi pelanggan saya setiap saya panen jadi saya hanya mengkonfirmasi panenan saya kepada mereka lalu mereka akan mengambilnya sendiri. Jadi saya tidak terlalu repot untuk jauh-jauh mencari konsumen.

C.     Perencanaan
Ketika memiliki tujuan pasti harus memikirkan terlebih dahulu suatu rencana, agar tujuan yang saya inginkan berjalan dengan maksimal. Maka dari itu, dalam usaha pembudidayaan ikan lele saya harus memiliki rencana, yakni:

Keterangan
Keterangan
Air
Secukupnya
Mesin penyedot air
Satu
Kolam
7m x 10m
Bibit lele
20000
Pakan lele
3 kintal

D.    Modal
Ketika berusaha ikan lele pasti harus mengeluarkan modal yang agak cukup besar, baik dari biaya oprasional setiap panen maupun biaya investasi. Dalam hal ini akan diuraikan dibawah ini:

1.      Biaya oprasional perpanen
Nama bahan (alat)
Jumlah biaya perbulan
Pakan ikan lele 3kintal
Rp 1.500.000
2000 Bibit lele ukuran sedang
Rp 500.000
Pengairan
Rp 100.000
Obat
Rp 30.000
 Jumlah keseluruhan
Rp 2.130.00

2.      Biaya investasi
Keterangan
Harga barang
Semen 7 wadah 
Rp. 750.000
Pasir
Rp. 300.000
Lahan 7m x 10m
Rp. 1.350.000
Mesin penyedot air
Rp. 1.500.000
Jaring  
Rp. 150.000
Jumlah
Rp. 3.900.000

E.     Pendapatan
Dalam pendapatan setiap panen ikan lele itu bisa mencapai 250 kg dengan perkilonya isi 7 ekor lele dengan masa 2 bulan setengah.
Keterangan
Harga
250kg lele
Rp. 3.000.000
Jumlah
Rp. 3.000.000
F.      Keuntungan Perbulan
Kegiatan usaha saya yakni mendapatkan untung dengan cara menghitung biaya oprasional setiap panen dikurang dengan pendapatan setiep panen. Jadi, Rp. 3.000.000 -  Rp 2.130.00 = Rp. 870.000. Alhamdulillah keuntungan saya bisa mencapai Rp. 870.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH MAKALAH IKAN LELE

TUGAS MANDIRI KEWIRAUSAHAAN IKAN LELE Dosen Pengampu: Ambariyani, S.E, M.E.Sy Disusun oleh:     ABI WISNU BAIDIL...