Minggu, 04 Juni 2017

CONTOH MAKALAH ITIK PETELUR



TUGAS MANDIRI KEWIRAUSAHAAN

ITIK PETELUR

Dosen Pengampu: Ambariyani, S.E, M.E.Sy



Disusun oleh:

Abi Wisnu Ubaidilah            : 15130001       


Materi Kuliah : Kewirausahaan
Fakultas : Syari’ah
Prodi : Perbankan Syarri’ah (Pbs)


INSTITUT AGAMA ISLAM MA’ARIF NU (IAIM NU) METRO LAMPUNG Tahun 2016
KLASIFIKASI USAHA

A.    Usaha
Dalam hal ini yakni berusaha itu yang selalu kuinginkan sebelum menjadi sarjana. Agar biaya-biaya oprasional keseharian itu dari hasil usaha pribadi yakni dengan usaha itik petelur. Saya berusaha itik petelur itu karena saya melihat tetangga saya yang sukses dengan itik petelurnya. Mula saya berusaha itik petelur itu hanya 20 ekor telur yang cara penetasannya itu dengan diengkremkan oleh ayam betina. Alhamdulillah sampai saat ini 20 ekor itik petelur saya sudah mampu membiayai kehidupan sehari-hari.

B.     Pemasaran
Dalam pemasaran hasil dari telur-telur itik petelur itu saya jual ke setiap warung-warung di desa saya. Walaupun hasil telur dari 20 ekor itik masih dapat dibilang sedikit.

C.     Perencanaan
Kalau perencanaan itu pasti terlebih dahulu sebelum melakukan tujuan yang ingin dicapai. Dengan ini saya membuat rencana ketika sebelum berternak itik petelur saya, yakni:

Keterangan
Keterangan
Air
Secukupnya
Tempat minum ukuran besar
Tiga
Pakan
2 kg
Bambu
5
Kayu usuk
5
Paku kecil
¼ kg
Paku sedang
¼ kg
Waring
17 m
Tempat pakan ukuran besar
Tiga
Vaksin
Secukupnya

D.    Modal
Modal saya baik dari biaya oprasional perbulan maupun biaya investasi saya, diantaranya adalah:

1.      Biaya oprasional perbulan
Nama bahan (alat)
Jumlah biaya perbulan
Pakan 60 kg
Rp 480.000
5 bungkus vaksin
Rp 50.000
 Jumlah keseluruhan
Rp 530.00

2.      Biaya investasi
Keterangan
Harga barang
3 tempat pakan ujkuran besar
Rp. 30.000
Waring  17 m
Rp. 68.000
Paku ukuran sedang ¼ kg
Rp. 4.000
Paku ukuran kecil ¼ kg
Rp. 3.000
3 tempat minum ukuran besar
Rp. 30.000
5 bambu
Rp. 25.000
Kayu usuk
Rp. 50.000
Jumlah
Rp. 210.000



E.     Pendapatan
Dalam pendapatan sehari dari 20 ekor itik petelur saya itu dapat bertelur dengan jumlah 15 telur dalam sehari karena diantaranya 20 itik petelur itu terdapat 5 ekor jantan dan 15 ekor betina. Jadi saya menjualnya itu satu telur dengan harga Rp. 2.000,- jadi dalam sehari saya mendapatkan uang sebesar Rp. 30.000,-. Dapat dihitung pendapatan saya perbulan yakni, Rp. 30.000 x 30 – Rp. 530.00 = Rp. 370.000,-. Jadi pendapatan saya dalam satu bulan sebesar Rp. 370.000,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH MAKALAH IKAN LELE

TUGAS MANDIRI KEWIRAUSAHAAN IKAN LELE Dosen Pengampu: Ambariyani, S.E, M.E.Sy Disusun oleh:     ABI WISNU BAIDIL...